Selasa, 09 Desember 2014

games, satu dan pelajaran berharga.


Siang itu saya datang agak tergesa-gesa karena kereta yang saya naiki mengalami keterlambatan yang cukup lama. Beruntung, kelas jum'at itu baru saja dimulai sehingga saya bisa mengikuti kelas dari awal hingga akhir. 

Pada pertemuan kali ini, kami bermain games. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kami harus memiliki nama kelompok dan yel-yel. Cara bermainnya sederhana, kami diberikan satu kata lalu masing-masing dari anggota kelompok mendefinisikan arti kata tersebut menurut pendapat masing-masing.

Kata pertama yang diberikan adalah cinta, lalu sayang kemudian harmonis. Setiap kita memiliki definisi masing-masing mengenai ketiga kata tersebut. Cinta, sayang, harmonis tidak melulu kepada pasangan. Sebab jika ketiganya dijadikan satu maka akan terbentuk keseimbangan disemesta kita dan dengan tiga kata tersebut setiap kita dapat bersatu. 

Games kali ini mengajarkan saya betapa pentingnya team work dalam suatu kelompok; ketika kami saling bersaut-sautan yel-yel, saling membantu, mendukung dan menyemangati teman, berusaha bersama-sama agar kelompok kami menjadi yang terbaik. Betapa pentingnya rasa saling menghargai dan mendengar pendapat orang lain, karena dari rasa saling menghargai itulah kita dapat membentuk empati dalam diri.

Pada akhirnya games siang itu mengajarkan saya pelajaran berharga bahwa satu tak harus sama. Memiliki pemikiran sepaham memang baik, tetapi lebih baik pula jika kita dapat menjadi satu sekalipun keberagaman berada disekeliling kita dan membuat kita semakin melebur menjadi satu.




Tidak ada komentar: