Hai, bloggies. Masih membicarakan
tentang HRM, saya akan kembali membahas mengenai human resource manajemen. Bedanya,
kali ini topik pembahasan kita akan agak meluas menjadi HRM dan HCM.
HCM itu apa?
Human Capital Management.
Jadi, maksudnya dalam sebuah
perusahaan itu kan pasti terdapat bagian Human Resourcenya. Nah, dalam tiap
perusahaan memiliki metode yang berbeda dalam sistem human resourcenya. Biasanya,
perusahaan modern akan menggunakan metode human capital manajemen, sedangkan
perusahaan yang masih berkembang kebanyakan menggunakan HRM.
Perbedaan mendasar antara HCM dan
HRM itu apa?
Simplenya, semakin tua usia pengalaman
seorang HRM, kemampuannya semakin diabaikan. Sedangkan pada HCM, semakin tua
usianya semakin tinggi harganya jika ia bekerja di perusahaan lain.
Pada HCM, manusia itu dianggap
sebagai sesuatu yang penting, bukan hanya pelengkap melainkan aset yang perlu
dikelola dan dijaga, hal inilah yang membuat seorang HCM memiliki ‘harga’ yang
semakin tinggi. Bisa dikatakan, HCM itu sangat perhitungan karena HCM akan
memperhitungkan segala tindakan dengan matang sebelum menjalankan usaha atau
perusahaan, namun walaupun ‘pelit’, perusahaan dengan metode HCM jauh lebih
sejahtera karyawannya karena mood karyawan adalah hal yang utama. Semakin baik moodnya, semakin baik
bekerjanya, semakin cepat balik modalnya. Seperti itu.
Berbicara mengenai
HCM berbicara pula mengenai strategi bisnis karena setiap langkah yang akan
dilakukan serba diperhitungkan dengan matang sehingga meminimalisir kerugian
apalagi korupsi. Pada perusahaan dengan metode HCM, segala sesuatunya serba
diukur, aktif dalam menentukan bisnis dan hal-hal lain yang masih berhubungan
dengannya, tingkat prudktivitas karyawan pun sangat diperhitungkan.
Pada masa yang akan datang,
perusahaan akan menggunakan metode HCM karena dinilai jauh lebih efektif dan
efisien. Namun, dalam seleksi perusahaan pun akan semakin ketat seiring dengan
bertambah beratnya tuntutan hidup.
Maka dari itu, kita harus memiliki
kompetensi inti dalam diri, yaitu: core, managerial dan spesifik.
Core, kemampuan yang harus
dimiliki seluruh karyawan tanpa terkecuali. Managerial dan spesifik yang
artinya bekerja sesuai bidang dan kemampuan.
Yuk mari kita tingkatkan
kompetensi inti dalam diri agar ketika kerja nanti kita telah menjadi manusia yang mampu bersaing dengan manusia lainya.
Cheers,
Chia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar