Sabtu, 09 Mei 2015

organization culture - setiap kelompok pasti memiliki budaya

Budaya tidak hanya terdapat dalam sebuah negara atau kelompok masyarakat yang besar. Dalam sebuah kelompok terkecil pun pasti memiliki sebuah budaya yang khas. Biasanya, budaya dibentuk oleh  pendiri sebuah kelompok, namun tidak jarang budaya terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang terdapat dalam kelompok tersebut.

“A pattern of basic assumptions that the group learned as it solved its problems of external adaptation and internal integration, that has worked well enough to be considered valid and, therefore, to be taught to new members as the correct way to perceive, think and feel in relation to those problems.”


7 karakteristik umum dalam Organization Culture:
-          Innovation and risk taking
-          Attention to detail
-          Outcome orientation
-          People orientation
-          Team orientation
-          Aggresiveness
-          Stability

Budaya yang mendominasi dalam sebuah kelompok

Dominan culture
Dalam sebuah kelompok seringkali terdapat kelompok dalam kelompok yang biasanya lebih mendominasi dan lebih mudah memberikan pengaruh terhadap anggota lainnya. Dominan culture dapat memberikan efek yang negatif apabila orang-orang yang lebih mendominasi tidak mampu memberikan pengaruh yang baik bagi orang lain. Namun dapat memberikan efek positif apabila orang-orang yang mendominasi memiliki visi yang sesuai dengan kelompok sehingga dapat memajukan kelompok tersebut.

Subcultures
Contoh sederhana dari subculture, Kumpulan Blogger Regional Jakarta, Kumpulan Pecinta Sepak Bola Regional Bandung, dan lain sebagainya.
Dalam subculture biasanya cabang-cabang dari kelompok tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan mereka dengan cabang lainnya, namun tetap dalam visi yang sama.

Core values
Pada sebuah kelompok memiliki nilai-nilai yang dapat diterima oleh tiap anggota kelompok dan dalam organisasi. Core values merupakan nilai-nilai yang disepakat oleh kllompok dan tidak dapat dirubah lagi.

 Strong culture
Sebuah kelompok pasti memiliki kekuatan yang tidak dapat dirubah lagi.

Culture function
Harus ada rasa kebanggaan dalam setiap kelompok, meninggalkan apa yang diyakini kemudian melebur dalam kelompok tersebut, bisa mendukung sosial sistem serta memahami mekanisme kontrol yang harus dilakukan.

Culture organization tak hanya tentang nilai-nilai yang ada dalam kelompok. Tetapi juga bagaimana anggota kelompok tersebut mematuhi, menerapkan, menghargai dan bangga terhadap budaya yang terdapat dalam kelompok mereka.

Dalam mata kuliah PIO, saya ditempatkan dalam sebuah kelompok berisi 7 orang anggota yang memiliki keunikan dalam dirinya masing-masing. Pada temu pertama kami, saya melihat aura positif dan semangat dalam mencapai misi kami dalam tiap kelompok. Saya yakin, saya dan kelompok saya dapat menjadi kelompok yang kompak dan mampu menyelesaikan setiap tantangan dan tugas yang diberikan nanti.

Semangat!



Tidak ada komentar: