Kamis, 18 Juni 2015

Santai Sejenak bersama Yoga Face

Seringkali setelah lelah beraktivitas seharian, kita merasa sangat lelah. Tak hanya merasa lelah, banyaknya aktivitas tak jarang membuat mood menjadi tidak stabil dan penurunan kinerja dalam melakukan kegiatan.

Penyebab stress atau sering kita sebut sebagai stressor merupakan factor yang memicu tingkat stress pada seseorang. Banyak penyebab terjadinya stress dalam perusahaan yang ternyata berpengaruh pada kinerja seseorang. Hal seperti ini tentunya tidak dapat dihilangkan dengan mudah, pengendalian stress atau yang disebut dengan coping akan membantu sedikit demi sedikit demi merubah atau menurunkan tingkat stress pada seseorang.
Nah, ada satu cara untuk menghilangkan stress yang gampang banget:


YOGA FACE

Kita bisa melakukannya dimana saja, kapan saja, tanpa perlu instruktur dan tak membutuhkan tenaga yang besar. Yoga face sangat berguna sebagai pelentur otot-otot dimuka serta membuat kita lebih relaks. Sedangkan Senam muka memiliki fungsi yang sama hanya saja senam muka menggerakan bagian bagian muka dengan otot-otot. Senam Muka terbilang unik karena ketika kita senam muka kita terlihat seolah-olah sedang melakukan ekspressi tertentu.

Ketika melakukan yoga face, kita juga melakukan  relaksasi nafas lho...
Teknik relaksasi nafas dalam merupakan suatu bentuk asuhan keperawatan, yang dalam hal ini perawat mengajarkan kepada klien bagaimana cara melakukan nafas dalam, nafas lambat (menahan inspirasi secara maksimal) dan bagaimana menghembuskan nafas secara perlahan.
Selain dapat menurunkan intensitas nyeri, teknik relaksasi nafas dalam juga dapat meningkatkan ventilasi paru dan meningkatkan oksigenasi darah (Smeltzer dan Bare, 2002).

Yoga face ini cocok banget buat teman-teman yang males olahraga, karena bisa dilakukan sambil duduk, berbaring dan sebagainya. Tapi diusahakan rajin berolahraga karena olahraga itu pentinggg banget!
Menurut Jessica Holland, olahraga adalah pereda stress yang sangat baik. Olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh.



Gerakan Senam Muka

Gerakan senam wajah yang akan saya jabarkan kali ini gerakan pada otot daerah dahi dan juga mata

1.            Gerakan pertama
mengangkat kedua alis teman - teman sehingga membentuk lipatan horisontal pada dahi ( ekspresi terkejut )
2.            Gerakan kedua
menyatukan kedua alis sehingga membentuk garis vertical pada kedua ujung tengah alis
3.            Gerakan ketiga
menarik salah satu sisi hidung dan pipi ke satu sisi
4.            Gerakan keempat
menutup mata erat - erat
5.            Gerakan kelima
menggerakkan bola mata, melihat ke arah atas kemudian kearah kanan
6.            Gerakan keenam
menggerakkan mata ke arah bawah dan ke kiri, kemudian kearah horisontal kanan - kiri

Semua gerakan diatas dilakukan dengan tahanan 8 detik dan dilakukan 8 kali repetisi.


Teman-teman dapat melakukan senam ini di pagi hari maupun sore hari ataupun di setiap saat kalian bercermin, agar otot – otot Berikut ini merupakan beberapa manfaat senam wajah, diantaranya yaitu :
• Melakukan gerakan senam wajah secara rutin dan teratur dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang dan kenyal.
• Dapat melancarkan sirkulasi darah diarea wajah, sehingga wajah akan tampak lebih segar dan berseri.
• Dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit keriput dan tanda-tanda penuaan.
• Merileksasikan otot-otot yang tegang
• Dapat menjadikan kulit wajah anda semakin halus dan bercahaya. wajah kalian terjaga kekenyalannya dan tetap awet muda.

Yuk kita coba senam muka! :D




Tidak ada komentar: