Rabu, 10 Juni 2015

Teman Kerja, Penyebab atau Penghilang Stress

 Halo! Pada posting kali ini saya ingin membahas tentang STRESS. Teman-teman semua pasti pernah mengalami stress. Stress itu emang nggak enak banget, selain  membuat kita jadi nggak tenang melakukan aktivitas, stress juga bisa bikin kita jadi sakit karena terlalu berlarut-larut dalam menghadapi stress.

Sebenernya, stress itu apasih?

Menurut Lazarus & Folkman (1986) stres adalah keadaan internal yang  dapat diakibatkan oleh tuntutan fisik dari tubuh atau kondisi lingkungan dan sosial yang dinilai potensial membahayakan, tidak terkendali atau melebihi kemampuan individu untuk mengatasinya.

Nah, pada kehidupan sehari-hari, biasanya teman-teman disekitar kita adalah salah satu penyebab stress. Mulai dari tingkahnya yang menyebalkan, ucapan-ucapannya yang sering kali menyakiti, bahkan wajahnya yang tak jarang sinis pun bisa membuat kita jadi stress. Padahal, merekalah yang kita temui sehari-hari.

Iya. Semakin sering bertemu, semakin sering berinteraksi, semakin keliatan nyebelinnya.

Terus, gimana dong caranya menghilangkan stress karena teman sendiri? Apalagi kalau dia rekan kerja yang setiap hari berhadapan dan berurusan dengan kita? Nggak mau kan hari-hari kita jadi nggak tenang hanya karena dia seorang?

Wait! Sebentar dulu. Sebelum lanjut ke langkah-langkah menghilangkan stress karena teman sendiri, ada baiknya kita tahu tentang stressor dan coping.

Pernah nggak denger kata ‘stressor’? Simpelnya, stressor itu adalah penyebab stress. Kalau menurut Lazarus & Folkman (1986) stressor dapat berwujud atau berbentuk fisik (seperti polusi udara) dan dapat juga berkaitan dengan lingkungan sosial (seperti interaksi sosial).

Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang pernah mendengar istilah ‘coping’. Tapi tahu nggak sih arti dari coping?

 Menurut Taylor (2009) coping didefenisikan sebagai pikiran dan perilaku yang digunakan untuk mengatur tuntutan internal maupun eksternal dari situasi yang menekan.

Jadi, kalau ada yang bilang ‘coping stress’ simpelnya adalah cara yang digunakan untuk menghilangkan stress.

---

Balik lagi kita ngebahas cara menghilangkan stress karena teman sendiri. Berikut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress karena rekan kerja.

I.             problem-solving focused coping
1.            Hindari kebiasaan bergosip
2.            Jadilah seorang pribadi yang positif
3.            Menghargai setiap privasi
4.            Menjalin kerja sama yang baik

II.            emotion-focused coping
1.            Jangan Takut dan Khawatir
2.            Jangan Pernah Menyimpan Dendam
3.            Jangan Biarkan Frustasi Mengatur dan Bahkan Mengacaukan Hidup Anda
4.            Bersyukurlah Selalu

*

Di tim Bunga Matahari, beberapa kali saya merasa bahwa teman satu tim adalah sumber stressor karena memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat suatu hal, sehingga seringkali sulit untuk menyatukan. namun, lambat laun saya menyadari bahwa hal tersebut tidak seharusnya menjadi stressor, justru dapat menambah keragaman dalam memandang sesuatu.

*

Bagaimana, sekarang sudah tidak takut lagi dong menghadapi stress karena rekan kerja? Yuk, pelan-pelan hilangkan stress yang mengganggu pikiran. J

Tidak ada komentar: