Rabu, 16 Maret 2016

Psikodiagnostik itu apa?

Halo, Agen Diagnostik!

Hari ini para agen diagnostik mulai beroperasi. (Sebelumnya, jika sebutan Agen Diagnostik hanya berlaku untuk kelompok saya, maka sebutan ini akan digeneralisasikan untuk seluruh kelompok) kami telah dibagi menjadi beberapa tim yang akan mengupas seluk beluk mengenai Psikodiagnostik. Dimulai dari tim satu yang membahas apa itu psikodiagnostik.

Pembelajaran kali ini dimulai dari presentasi tim 1 dan dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi yang disampaikan. Kemudian, kami diminta pergi ke perpustakaan untuk mencari pengertian lebih lanjut mengenai apa arti Psikologi.

Wait, kenapa Psikologi?

Iya, sebelum kita bergerak lebih jauh melancarkan aksi, ada baiknya kita tahu apa itu psikologi. Jadi, menurut Wade, dkk (2007) psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental yang dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal. Sedangkan menurut Feldman, (2012) mengatakan bahwa psikologi merupakan studi ilmiah mengenai proses mental dan tingkah laku dimana para psikolog mencoba untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses tingkah laku dan mental manusia, sebaik mereka membantu perubahan dan peningkatan hidup manusia di dunia dimana mereka hidup.

                Ketika mencari definisi lebih lanjut mengenai psikologi, Mas Seta memberikan waktu sampai batas tertentu dan ketika batas waktu yang ditetapkan sudah habis beliau segera menutup pintu kelas dan menahan para mahasiswa yang ingin masuk kelas. Jelas, kami kebingungan kenapa di kelas hanya ada beberapa orang sedangkan kami tidak langsung di izinkan masuk.
                Rupanya, melalui hal kecil seperti itu Mas Seta memberikan pelajaran yang cukup menohok. Bahwa dalam ilmu statistik dikatakan bahwa sebagian besar orang berada pada rata-rata, jika dalam kurva normal maka bagian tengahnya lah yang merupakan rata-rata tersebut. Pembelajaran yang dapat saya ambil adalah pada satuan waktu selanjutnya saya harus meningkatkan atensi dan respon saya terhadap suatu hal, saya perlu belajar untuk menjadi orang-orang yang tidak tergolong rata-rata dengan berespon lebih cepat dan tepat pada suatu peristiwa serta mampu memaknai hal tersebut secara tepat pula.

                Nah, jadi psikodiagnostik itu apa?

                Psikodiagnostik adalah prosedur terstruktur, tersistematis dan memiliki standarisasi yang berfokus pada behavior, afektif, kognitif dan psikomotorik yang terkondisikan. Dalam psikodiagnostik terdapat nilai validitas dan reliabilitas, hal ini pula lah yang membuat perbedaan antara tes biasa dengan tes psikologis. Psikodiagnostik pun lebih dikenal dengan sebutan psychological test.

                Psikodiagnostik pun memiliki kaitan dengan tes karena dalam proses mendiagnosa masalah-masalah yang ada akan dilakukan serangkaian pengukuran.

Pengukuran itu apa? Pengukuran diartikan sebagai proses membandingkan hasil tes dengan standar yang ada, dapat pula diartikan sebagai pemberian makna dari suatu alat ukur. Nah, alat ukur yang dimaksud dalam psikologi dapat berupa wawancara, observasi dan tes-tes psikologi. Melalui pengukuran diagnosa yang ada pun akan segera menemukan jawabannya.

Bagaimana, dapat dipahami kah?


Sampai sini dulu, ya. Semoga bermanfaat! J

Tidak ada komentar: