Rabu, 06 April 2016

Tes Intelegensi VS Tes Ability

Hai bloggies! 

kali ini saya mau berbagi pengetahuan yang baru saja didapatkan mengenai apa itu tes intelegensi dan tes kemampuan belajar.

sebenarnya, intelegensi itu apasih? Menurut Alfred Biner  intelegensi adalah the tendency to take and maintain a definite direction; the capacity to make adaptations for the pupose of attaining a desired end, and the power of autocriticism.

jadi, tes intelegensi digunakan untuk berbagai tujuan, yaitu untuk membantu dalam menentukan bakat, lalu untuk menilai keterbelakangan mental. Kemudian untuk mengenali jenis tertentu dari ketidakmampuan belajar. Selanjutnya untuk menilai kemampuan intelektual setelah kecelakaan, timbulnya demensia dll.

Nah, terdapat bermacam-macam tes intelegensi salah satunya untuk individu.


The Wechsler Scales of Intelligence
David Wechsler, seorang pikologi di Bellevue Hospital di New York. Ia memulai membuat tes pada tahun 1932. Tes Wechsler pertama, bernama Scales Wechsler-Bellevue Intelligence yang diterbitkan pada tahun 1939.

Standford binet intelligence scale: fifth edition
Fitur khusus dari SB5 The pengembang SB5 juga menyaring item tes  yang berkaitan dengan agama serta fokus tradisional. Panel ahli meneliti seluruh tes pada isu-isu keadilan terkait dengan variabel standar (jenis kelamin, ras, etnis, dan cacat) dan tradisi keagamaan (Kristen, Yahudi, latar belakang (Muslim, Hindu, dan Budha).  SB5 ini cocok untuk anak usia 2 sampai dewasa usia 85 dan lebih tua, dan sampel standardisasi terdiri dari 4.800 individu dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, etnis, regional, dan tingkat pendidikan di Amerika Serikat berdasarkan data sensus tahun 2000.

Detroit Test of Learning Aptitude-4
Detroit Test of Learning Aptitude-4 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1935. Didesain untuk anak sekolah berusia 6 sampai 17 tahun.

Kaufman Brief Intelligence Test (K-BIT)

Pencipta dari Kaufman Brief Intelligence Test yaitu Alan Kaufman. Terdiri dari vocabulary section dan matrices section. Kaitan 2 hal tersebut menunjukkan korelasi yang kuat (r=.88).

Tidak ada komentar: