Rabu, 27 April 2016

Tes Minat dan Motivasi

Holland menyatakan bahwa minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Krapp, Hidi, dan Renninger (Pintrich dan Schunk, 1996) membagi definisi minat menjadi tiga, yaitu :
(1) Minat pribadi
 (2) Minat situasi
(3) Minat dalam ciri psikologi
Munculnya minat disebabkan karena faktor dalam diri. Namun, selain karena faktor dalam diri seseorang (internal), minat juga dipengaruhi oleh faktor dari luar diri (eksternal).
Dalam mengetahui minat seseorang, ada berbagai metode yang dapat dilakukan, yaitu : Observasi, Wawancara , Dokumentasi, Tes minat.
Pengukuran minat pada awalnya dikembangkan untuk konseling dan seleksi kejuruan. Tokoh yang pertama merancang alat ukur minat kejuruan adalah James Miner. Miner membuat sebuah kuesioner minat pada tahun 1915, dan kuesioner ini memicu munculnya seminar pengukuran minat di Carnegie Institute of Technology pada tahun 1919.
Hasil tes minat jarang digunakan secara eksklusif dengan mengabaikan hasil pengukuran terhadap aspek kognitif dan aspek non kognitif yang lain, seperti : tes inteligensi, tes bakat, atau tes kepribadian. Pada umumnya hasil tes minat digunakan dalam Bidang :
 (1) Pendidikan.
(2) Bidang Industri Organisasi.
Tes Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) dapat digunakan untuk testee dengan kelompok usia remaja hingga usia dewasa. Tes ini disajikan selama kurang lebih 20 menit, dan dapat disajikan secara individual maupun klasikal (kelompok).  RMIB merupakan formulir yang berisi daftar pekerjaan yang disusun menjadi sembilan kelompok dengan kode huruf dari A sampai I. Tes ini memiliki tiga (3) bentuk, yaitu untuk pria, wanita, dan perusahaan. Ada 12 kategori dalam RMIB, yaitu :  
Outdoor (Out), adalah kategori minat yang mengarah pada aktivitas di luar ruangan, misalnya kegiatan outbound, travelling, eksplorasi pertambangan. Contoh pekerjaan adalah ahli pertamanan, petani bunga, peternak, nelayan, supir, penjelajah.
Mechanical (Me), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang mekanik atau teknik. Contoh pekerjaan dengan minat tersebut adalah, insinyur sipil atau mesin, montir, pembuat arloji, tukang las, ahli kacamata, petugas mesin sulam, ahli reparasi permata, ahli reparasi jam.
Computation (Comp), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang perhitungan. Contoh pekerjaan adalah akuntan, ahli pembukuan, auditor, kasir, pegawai urusan gaji, pegawai pajak, guru ilmu pengetahuan alam.

Scientific (Sci), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang ilmu pengetahuan. Contoh pekerjaan yang aktif dalam analisa atau penelitian adalah ahli biologi, astronomi, insinyur kimia industri, peneliti, ahli matematika.
Personal Contact (Pers), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Contoh pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain adalah penyiar radio, petugas wawancara, sales, pedagang keliling, pegawai rumah mode, petugas humas, ahli komunikasi, marketing.
Aesthetic (Aesth), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang seni atau arsitektur. Contoh pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu adalah seniman, artis, arsitek, decorator, fotografer, penata panggung, guru kesenian, pelukis, artis.
Litheratur (Lith), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang literatur atau buku. Contoh pekerjaan yang berhubungan dengan buku, kegiatan membaca dan mengarang adalah wartawan, pengarang, penulis skenario, ahli perpustakaan, penulis majalah, kritikus buku, penyair, petugas administrasi.

 Musical (Mus), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang musik. Contoh pekerjaan yang berkaitan dengan minat ini adalah pianis konser, komponis, pemain organ, ahli pustaka, guru music.
Social Service (SS), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang pelayanan sosial. Contoh pekerjaan yang sesuai dengan minat ini adalah guru SD, psikolog pendidikan, kepala sekolah, penyebar agama, petugas palang merah, petugas kesejahteraan sosial, ahli penyuluh jabatan.

  Clerical (Cler), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang keterampilan tangan, dan tugas rutin yang menuntut ketepatan ketelitian. Contoh pekerjaan yang berkaitan dengan minat ini adalah sekretaris, notulen, pembuat kerajinan, manajer bank, petugas arsip, petugas pengiriman barang, pegawai kantor, petugas pos, petugas ekspedisi, juru ketik, penulis.
Practical (Prac), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan praktis dan memerlukan keterampilan. Contoh pekerjaan yang sesuai dengan minat ini adalah montir, ahli memperbaiki mesin, tukang kayu, ahli bangunan, ahli mebel, tukang cat, tukang batu, tukang sepatu, ahli penata rambut, tukang bungkus coklat, tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.


   Medical (Med), adalah kategori minat yang mengarah pada kemampuan di bidang medis. Contoh pekerjaan yang berkaitan dengan minat ini adalah dokter umum, perawat, ahli kesehatan, ahli bedah, dokter hewan, ahli farmasi, dokter gigi, ahli kacamata, ahli rontgen, pelatih rehabilitasi, perawat orang tua.

Tidak ada komentar: