Sabtu, 07 Mei 2016

Tes Individu dan Tes Kelompok

Hi, Bloggies!

Senangnya karena setelah sekian lama akhirnya merasakan long weekend juga. Tapi akibatnya jadi telat ngeblog.

hari rabu lalu kami mempelajari tentang perbedaan tes individu dan tes kelompok. Saat itu semangat belajar saya sedang cukup baik dan penasaran dengan materi yang akan dibawakan oleh presentan. Namun, ternyata ditengah presentasi Mas Seta meminta presentan untuk duduk kemudian beliau menjelaskan tentang beberapa hal mengenai materi dan performa kelompok yang menyampaikan materi.

pembelajaran kali ini bertambah satu, tidak hanya tes individu dan tes kelompok namun saya mendapatkan pembelajaran berharga mengenai pentingnya koordinasi, kerjasama dan kekompakan. bahwa ketika mengerjakan sesuatu secara berkelompok, hasil akhir bukan segala-galanya tetapi proses mengerjakanlah yang akan menentukan seperti apa performa dan hasil akhir dari tugas kelompok tersebut. kalau prosesnya baik dan benar maka hasilnya akan seperti itu, berlaku sebaliknya.

jadi, kenapa sih tes individu dan tes kelompok itu penting? karena kalau salah cara pengambilan tes hasil tesnya menjadi tidak optimal, dan hasil tes yang ada akan mempengaruhi individu yang bersangkutan.

masing-masing jenis tes memiliki kekurangan dan kelebihan.


tes individu unggul dalam memberikan hasil tes dimana hasil tes lebih tepat dan akurat. namun dalam pelaksanaannya tes individual membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan pada tes kelompok, waktu pelaksanaannya lebih cepat dan dilakukan secara massal atau one time.

Biasanya tes kelompok banyak digunakan untuk tes seleksi karena dalam waktu singat dapat mengetahui mana individu yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.


Tes individu dibagi menjadi tes kepribadian, intelegensi, anak-anak pra sekolah, tes kemampuan belajar dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar: