Rabu, 11 Mei 2016

Simulasi Penggunaan Alat Test

               Hi, Bloggies! Seperti biasa, saya akan cerita tentang pembelajaran di kelas Psikodiagnostik.

 Pada pertemuan kali ini membahas mengenai simulasi penggunaan alat test. Jadi, minggu depan akan ada simulasi penggunaan alat test dimana ceritanya saya dan teman-teman sekelas adalah murid SMAN 45 yang akan menentukan penjurusan IPA / IPS. Kami akan diberikan test IQ, test minat dan test kepribadian.

                Ketika pelaksanaan tes nanti, kami diminta untuk datang tepat waktu, menggunakan kemeja putih dan celana atau rok gelap dan sepatu berwarna gelap. Sedangkan instruktur wanita menggunakan pakaian yang lebih rapih serta blazer.

Lalu, penentuan IPA dan IPS didasarkan pada IQ serta minat siswa. Jadi, bisa saja seseorang yang IQ tinggi tapi memiliki minat di bidang sosial untuk masuk ke IPS. Sedangkan yang ber-IQ tidak tinggi tapi memiliki minat di bidang IPA akan diberikan konsultasi lebih lanjut melalui wawancara dan observasi.

                Dalam pelaksanaan tes, pemilihan alat tes yang digunakan harus disertai alasan yang rinci dan jelas agar ketika pelaksanaan tes berlangsung instruktur benar-benar memahami alasan dan tujuan penggunaan alat tes tersebut.

                
Tunggu posting selanjut tentang pelaksanaan simulasinya, ya! :)

Tidak ada komentar: